Selamat Hari Suci Kuningan

10-11-2017 02:22:44

Hari Suci Kuningan adalah hari raya yang dirayakan umat Hindu Dharma di Bali. Perayaan ini jatuh pada hari Saniscara (Sabtu), Kliwon, wuku Kuningan. Hari raya ini dilaksanakan setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali. Kata Kuningan memiliki makna “kauningan” yang artinya mencapai peningkatan spiritual dengan cara introspeksi agar terhindar dari mara bahaya.

 

Dikutip dari Bhagawan Dwija mengatakan makna dari Kuningan adalah mengadakan janji/pemberitahuan/nguningang baik kepada diri sendiri, maupun kepada Ida Sanghyang Parama Kawi, bahwa dalam kehidupan kita akan selalu berusaha memenangkan dharma dan mengalahkan adharma (antara lain bhuta dungulan, bhuta galungan dan bhuta amangkurat).

Pada Hari Raya Kuningan banten atau sesajen pada setiap desa belum tentu sama, karena memang banten itu beraneka ragam versinya. Tapi umumnya pada hari Raya Kuningan menggunakan upakara sesajen yang berisi simbul tamiang dan endongan, di mana makna tamiang memiliki lambang perlindungan dan juga juga melambangkan perputaran roda alam.

Pada hari raya yang jatuh sepuluh hari setelah Hari Raya Galungan itu, umat Hindu menghaturkan sesaji (sesajen) di Pura, tempat suci umat Hindu maupun di merajan, tempat suci milik keluarga masing-masing.

Di Denpasar, umat Hindu mengawali upacara di kediaman masing-masing kemudian melakukan doa bersama di Pura Jagatnatha, yang berlokasi di jantung Kota Denpasar. Selain itu, upacara besar atau piodalan juga dilakukan di Pura Sakenan, Kelurahan Serangan.

Selamat Hari Suci Kuningan buat umat Hindu se-dharma. Semoga tetap tercipta adanya persatuan, keharmonisan dengan lingkungan dan alam semesta dan kebahagiaan senantiasa menjadi milik kita.

(dari berbagai sumber)